Jumat, 22 Juli 2011

PENDAKIAN MERBABU

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu (3.142 mdpl) adalah gunung api yang bertipe Strato (berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur, Provinsi Jawa Tengah.

Foto Anggota Tim

Pada tanggal 17 Juni 2011 saya dan beberapa teman dari Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada  (MAPAGAMA) melakukan pendakian ke Gunung Merbabu melalui jalur wekas atau disebut juga jalur kedhakan. Tim terdiri dari Ical (koordinator lapangan), Yulia (koordinator tim & P3K), Verry (sekretaris), Gun Nanda (bendahara & sie. konsumsi), Wahyudin (sie. logistik), Aries (pendamping), dan saya (sie. dokumentasi, survey perizinan & transportasi). Pukul 18.00 kami semua berangkat dari gelanggang mahasiswa UGM menuju basecamp wekas menggunakan sepeda motor. Perjalanan menuju basecamp wekas kira-kira 1 jam 30 menit. Sesampainya di basecamp kami semua makan malam bersama, kemudian dilanjutkan dengan briefing dan istirahat malam.

Pada pagi harinya tanggal 18 Juni 2011 kami bangun tidur kemudian packing barang-barang dan logistik. Setelah semua barang-barang dan logistik dikemas, kami tidak lupa pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak kram. Setelah itu kami berdoa bersama agar pendakian ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Setelah semua siap dengan bawaannya masing-masing pendakian pun dimulai. Dalam perjalanan kami disuguhi pemandangan pegunungan yang indah dan melewati hutan pinus yang asri. Setelah sampai di pos 1 kami istirahat dan makan siang. Setelah selesai istirahat dan makan siang kami pun bergegas melanjutkan pendakian menuju pos 2. Pada pukul 16.00 kami sampai di pos 2 dan membangun tenda untuk bermalam. Cuaca di pos 2 pada malam itu pun sangat dingin sehingga membuat kami kedinginan. Setelah makan malam kami pun briefing untuk kegiatan esok hari dan kemudian tidur.

Pada tanggal 19 Juni 2011 pagi setelah bangun tidur dan sarapan pagi kami bersiap-siap packing dan melakukan pemanasan seperti biasa. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Merbabu. Dalam perjalanan menuju puncak banyak sekali rintangan yang menghalangi seperti banyaknya debu yang beterbangan hingga tanjakan curam yang mengharuskan kami saling membantu, disinilah letak kekeluargaannya. Setelah berbagai rintangan kami lewati akhirnya kami sampai juga di puncak triangulasi gunung merbabu. Puncak triangulasi adalah puncak tertinggi di gunung Merbabu yaitu dengan ketinggian 3.142 mdpl. Sesampainya di puncak kami mengadakan pesta puncak dengan memakai kostum Timnas Indonesia.