Rabu, 27 Juli 2011

GOWES DI KOTA METROPOLITAN

     Pada tanggal 22 Juli 2011 dua orang mahasiswa Sosiologi UGM asal Bekasi bersepeda mengelilingi kota Jakarta dengan bersepeda. Mereka berangkat pada pukul setengah 5 sore dari bundaran perumahan Harapan Indah, Bekasi Barat. Semua persiapan pun beres kemudian mereka berangkat menuju Monumen Nasional (Monas). Baru sampai pintu gerbang perumahan Harapan Indah saja mereka sudah kesulitan untuk menyeberang. Setelah menyeberang, perjalanan pun berlanjut menuju arah Pulogadung. Debu dan asap kendaraan bermotor pun menemani perjalanan dua kawanan itu. Kemacetan juga sesekali menghalangi perjalanan mereka. Dalam perjalanan sepertinya pengguna sepeda kurang mendapatkan tempat yang layak di jalan karena banyak pengguna kendaraan bermotor menghiraukan keselamatan pengguna jalan lain.

     Setelah melewati terminal Pulogadung, perjalanan pun berlanjut menuju daerah Kelapa Gading. Sama seperti sebelumnya debu dan asap kendaraan bermotor selalu mengiringi perjalanan mereka. Di dalam perjalanan mereka melihat banyak sekali pelanggaran lalu lintas. Mulai dari menyerobot lampu merah, berhenti di depan garis putih, melewati jalur busway, pengendara motor tidak menggunakan helm, metromini menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat, dan lain sebagainya. 

     Meninggalkan daerah Kelapa Gading kemudian mereka pun menggowes sepeda menuju arah Senen. Disana juga tidak jauh berbeda dengan daerah lain, kemacetan dan pelanggaran lalu lintas pun mereka temukan kembali. Setelah selap-selip melewati macetnya daerah Senen mereka pun sampai di tempat tujuan, yaitu Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas. Mereka pun melepas lelah disana setelah bersepeda selama satu setengah jam dari Bekasi menuju Monas.

     Adzan maghrib pun telah berkumandang, kedua kawanan itu segera menuju Masjid Istiqlal untuk melaksanankan sholat maghrib berjamaah. Setelah sholat maghrib mereka melanjutkan perjalanan menuju Taman Suropati. Sebelum menuju Taman Suropati mereka pun makan malam terlebih dahulu di warung pecel lele di dekat jalan jaksa. Setelah perut kenyang perjalanan dilanjutkan menuju TKP. Sesampainya di Taman Suropati mereka mencari tempat yang enak untuk bercengkerama dan mendengarkan musik. Di taman tersebut banyak sekali orang-orang yang menikmati indahnya malam. Ada yang bersama pacarnya, ada yang bersama keluarga, ada yang bersama teman-temannya, dan ada pula yang sedang berlatih bermain biola di taman.

     Waktu telah menunjukkan pukul setengah sembilan malam, mereka pun segera bergegas untuk kembali pulang. Rute yang dilewati yaitu Taman Suropati - Salemba - Pramuka - Rawamangun - Klender - Pondok Kopi - Bekasi. Itulah cerita perjalanan dua kawanan yang berkeliling kota Jakarta dengan mengayuh sepeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar