Jumat, 29 Juli 2011

INDONESIA VS TURKMENISTAN

     Disini saya mungkin bukan ingin mengomentari hasil pertandingan atau ingin memberi informasi tentang pertandingan Indonesia melawan Turkmenistan pada tanggal 28 Juli 2011 kemarin, tetapi saya lebih ingin membagi pengalaman saya menonton langsung pertandingan tersebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Ini adalah pengalaman pertama saya menonton langsung pertandingan timnas Indonesia di GBK. Saya berangkat menuju stadion bersama teman-teman SMA saya sekitar 10 orang. Saat dalam perjalanan menuju stadion rasa nasionalisme pun sudah terasa, banyak yang menggunakan atribut timnas mulai dari kaos, jaket, syal, bendera, hingga lukisan di tubuh. Jalan pun menjadi macet karena dipenuhi oleh pendukung fanatik timnas Indonesia.

     Sesampainya di stadion pendukung timnas sudah berkumpul di seputaran komplek stadion untuk menonton tim kesayangan mereka. Selain itu penjual atribut dan aksesoris timnas Indonesia pun menggelar dagangannya disana. Suasana disekitar stadion sangat ramai dan dipenuhi oleh pendukung timnas Indonesia, tidak ada satu pun terlihat pendukung tim lawan. Hal itu terlihat jelas karena mayoritas warna merah mewarnai komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. 

     Saat akan memasuki stadion pemeriksaan tiket pun dilakukan untuk menghindari penonton gelap yang tidak memiliki tiket. Memasuki tribun penonton euforia pendukung timnas Indonesia sangat terasa. Para suporter meneriakkan dan menyanyikan yel-yel dukungannya terhadap timnas. Sebelum pertandingan dimulai lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dikumandangkan. Seluruh pemain dan penonton bernyanyi bersama dengan penuh rasa khidmat. Hati saya pun bergetar dan merinding saat mendengarkan lagu Indonesia Raya. Sangat berbeda sekali rasanya mendengarkan lagu Indonesia Raya saat menonton langsung dibandingkan dengan menonton di televisi.

     Pertandingan dimulai dan para suporter bersorak-sorai mendukung timnas Indonesia. Saat timnas Indonesia berhasil menyarangkan gol di gawang lawan semua suporter pun berteriak dan bersorak gembira. Ada yang loncat-loncat, mengibarkan bendera, mengangkat syal timnas Indonesia, hingga membakar kembang api. Hal itu dilakukan karena rasa gembira para suporter timnas Indonesia. Dukungan pun tidak henti-hentinya ditujukan kepada timnas Indonesia hingga akhir pertandingan. 

    Pertandingan pun berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan timnas Indonesia. Para suporter pulang dengan rasa senang dan bangga karena timnas Indonesia mampu mengalahkan timnas Turkmenistan. Kemenangan timnas bukan hanya karena permainannya yang bagus, tetapi juga karena dukungan fanatik suporter yang datang langsung ke stadion. Dukungan suporter sangat mempengaruhi mental pemain untuk bermain bagus. 



"GARUDA DI DADAKU, GARUDA KEBANGGAANKU. KU YAKIN HARI INI PASTI MENANG."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar